Rahasia Resep Umpan Ikan, Umpan JItu, Umpan Galatama Para Juara

 

 

INFO RESEP DAN PRODUK MANCING LEBIH LENGKAP 

 

>> KLIK DISINI <<

 

Mengapa saya sering gagal dalam membuat umpan mancing ikan untuk lomba ataupun galatama ikan bawal, ikan mas, patin lele juga ikan lainnya?

 

Apakah ada cara untuk membuat umpan mancing jitu lomba ataupun galatama ikan mas, bawal, patin lele juga ikan lainnya yang baik?


Jawabannya!!!


ADA!!!


 

1. Pemancing sering berpikir dan berfokus pada aroma umpan mancing jitu lomba maupun galatama mereka. Umpan mancing ikan jitu bahkan umpan galatama saya harus amis, gurih atau wangi supaya lebih menarik untuk ikan lele, bawal, patin, ikan mas juga ikan lain dan menjadi jitu. Apakah benar?

 

Ya benar, tetapi mengapa masih tetap tidak berhasil? Karena ikan patin, bawal, ikan mas, lele juga ikan lainnya tidak hanya mencium aromanya, tetapi juga mendeteksi kadar gizi di dalam umpan anda, melalui kandungan zat di dalamnya, kemudian terbawa oleh aliran air.

Sehingga seamis, segurih dan wangi apapun aromanya, namun apabila kadar gizinya tidak sesuai maka ikan bawal, ikan mas, patin lele serta ikan lainnya tidak mau makan, dia hanya mendekat kemudian pergi mencari umpan mancing jitu lomba atau galatama lain yang lebih berkuaitas nilai gizinya.

 

KEMBALI KE HALAMAN UTAMA KLIK DISINI

 

 

Pecinta Burung Kicau dan Balap

>> KLIK DISINI <<

 

2. Berapakah kandungan gizi terbaik dalam umpan lomba maupun galatama untuk ikan mas, bawal, patin, lele maupun ikan lainnya berukuran kecil (anak) maupun ikan dewasa (indukan)?

 

Informasi berikut wajib anda perhatikan dalam membuat umpan. Sehingga UMPAN anda "TIDAK ASAL AMIS, ASAL WANGI", tetapi perhatikan "KANDUNGAN NUTRISINYA".


 

 

KEMBALI KE HALAMAN UTAMA KLIK DISINI

 

3. Jadi apakah benar ikan patin, bawal, ikan mas, lele maupun ikan lainnya yang berukuran kecil (anak) suka dengan aroma amis sedangkan ikan dewasa (induk) suka dengan aroma tidak amis?

 

Dari data diatas untuk ikan bawal dan ikan mas dapat anda lihat, bahwa ikan kecil (anak) membutuhkan protein lebih tinggi dibandingkan dengan ikan dewasa (induk). Hal ini disebabkan karena protein adalah zat pembangun serta pembentuk makhluk hidup dan itu sangat dibutuhkan oleh ikan kecil (anak) saat dalam proses pertumbuhan. Protein tinggi cenderung beraroma amis, itulah mengapa aroma amis cenderung disukai ikan lele, bawal, patin, lele juga ikan lain yang berukuran kecil.

Ikan bawal, mas, patin, lele juga ikan besar lain membutuhkan protein, namun tidak seperti ikan kecil (anak) saat dalam masa pertumbuhan, sebab pertumbuhan mereka lebih lambat setelah dewasa sehingga mereka membutuhkan protein lebih untuk perbaikan jaringan. Oleh karena itu untuk ikan dewasa (indukan), umpan yang digemari oleh ikan harus memiliki kadar protein lebih rendah, sehingga aroma amisnya pun tidak setajam umpan untuk ikan kecil (anak). Protein rendah cenderung beraroma kurang amis, itulah mengapa umpan beraroma kurang amis cenderung disukai ikan berukuran besar.

 

KEMBALI KE HALAMAN UTAMA KLIK DISINI

 

4. Apakah betul ikan mas cenderung suka dengan umpan mancing ikan, umpan jitu atau galatama beraroma wangi?

 

Bandingkan kembali kebutuhan serat ikan bawal dan ikan mas. Mana lebih tinggi kebutuhan seratnya? Jawabannya ikan mas. Darimana serat itu bisa kita dapatkan? Tentunya kita sering mendengar kata sayur, buah, akar-akaran maupun kacang.

Itulah mengapa pada saat kita membuat umpan ikan mas kita suka memasaknya dengan daun pandan, garlic (bawang putih), jagung. atau  minyak nilam.

Tetapi ikan mas juga suka dengan aroma susu. Bagaimana dengan hal tersebut? Apakah susu mengandung serat?

Kita akan kupas pada pembahasan selanjutnya di point 7

 

KEMBALI KE HALAMAN UTAMA KLIK DISINI

 

5. Bagaimana mengetahui kadar gizi dalam bahan dasar umpan yang kita mau buat?

 


 

6. Bagaimana cara menghitungnya?

 

Tunggu jawabannya!!!

 

KEMBALI KE HALAMAN UTAMA KLIK DISINI

 

7. Susu bisa merangsang ikan mas? Mitos atau Fakta?

 

Jawabannya adalah fakta, namun mengapa ikan mas itu sangat menyukai susu? Apakah susu itu sendiri? Jawabannya bukan. Ikan mas sangat menyukai susu karena protein kasein didalam susu, terutama susu sapi yang sering kita gunakan sebagai salah satu bahan dasar umpan untuk mancing ikan.

Kandungan protein casein dalam susu sapi adalah 80% dari total kandungan dalam protein susu tersebut. Dalam susu sapi murni kandungan protein adalah sebesar 3 % - 4 %, namun dalam susu bubuk pada umumnya kandungan protein dapat mencapai 26 % - 30%. Sehingga pada umumnya kita menggunakan susu bubuk.

Namun menurut saya hal ini karena para pemancing mencari cara praktisnya dan kebetulan memang benar bahwa kandungan protein dalam susu bubuk lebih tinggi, sehingga otomatis kandungan kaseinnya lebih tinggi.

Permasalahannya adalah ketika pemancing salah mengerti, mereka mengganti susu dengan essence susu atau apapun produk dengan yang tercium seperti susu, karena mereka tidak mengerti sebenarnya ikan mas bukan menyukai aroma susu, tetapi kandungan gizi didalam susu tersebut yaitu protein kasein.

Kecuali pemancing memang sengaja mencari aroma susunya, ini berbeda

Namun berbeda halnya, apabila didalam produk yang dipakai dalam membuat umpan untuk mancing lomba ataupun galatama jitu ikan mas tersebut memang jelas terkandung protein kasein, bukan hanya aroma susu.

Sekali lagi saya tegaskan bahwa dalam memancing bukan hanya aroma yang dikejar oleh ikan, namun juga kandungan gizi didalam umpan lomba jitu maupun galatama jitu untuk mancing ikan tersebut. Maka dari itu jangan heran kalau ikan berkumpul di lapak anda namun ikan tidak mau makan.

Mengapa juga keju?

Karena salah satu bahan dasar keju adalah protein kasein pada susu. Itulah sebabnya pemancing ikan mas membuat umpan dengan salah satu bahan dasarnya, yatu keju.

Saya berharap dengan penjelasan ini rekan - rekan pemancing di Indonesia dapat menjadi lebih jelas mengenai pemahaman secara ilmiah bahan dasar susu yang digunakan selama ini, jadi bukan hanya sekedar aroma.

Tapi perhatikan juga apa yang ada dibalik aroma tersebut. Umpan untuk lomba mancing ikan tanpa aroma pun dapat strike sukses asalkan kandungan gizinya benar, sehingga sesuai dengan ikan sasaran kita.

 

KEMBALI KE HALAMAN UTAMA KLIK DISINI

 

8. Apakah Essence itu?

 

Essence pada intinya adalah ekstrak dari suatu bahan, yang merupakan ekstrak dari bahan alami ataupun buatan secara kimia.

Essence alami (minyak atsiri) adalah ekstrak alami yang didapatkan dari hasil penyulingan bahan asli, sehingga didapatkan ekstraknya.

Essence buatan atau kimia adalah bahan sintetis yang dibuat secara kimia dengan mengikuti kemiripan struktur kimia makanan asli yang ditirunya, sehingga tercipta suatu bentuk cairan atau bubuk sintetis yang sangat pekat aroma dan rasanya menyerupai bahan makanan asli tersebut.

 

9. Manakah yang lebih bagus antara essence alami dan essence kimia?

 

   Masing-masing produk tersebut mempunyai kelebihannya, yaitu:

   A. Essence alami:

   Kelebihan essence alami:

   - Aromanya lebih kuat

   - lebih tahan lama

   - Mempunyai efek yang sesungguhnya yang merupakan sifat asli

     dari bahan asli trsebut "BUKAN HANYA AROMA SAJA"

   Kekurangannya essence alami:

   - Harga jauh lebih mahal

   - Ketersediaan jenis aroma sangat terbatas

 

   B. Essence kimia (buatan):

   Kelebihan essence alami:

   - Harga jauh lebih murah

   - Ketersediaan jenis aroma tidak terbatas

   Kekurangannya essence alami:

   - Aromanya kurang kuat

   - Aroma tidak tahan lama

   - Tidak mempunyai efek yang sesungguhnya yang merupakan sifat asli

     dari bahan asli trsebut "HANYA AROMA SAJA"

 

10. Apakah perlu menggunakan essence atau oplosan kimia (buatan) dalam membuat ramuan pancing, umpan jitu atau umpan galatama?

 

Jawabannya: Perlu

Karena dengan bantuan essence tersebut aroma dari umpan lomba jitu ataupun galatama jitu kita akan lebih tercium oleh ikan mas, bawal, patin, lele serta ikan lainnya, apabila kita mengharapkan aroma dari umpan lomba jitu ataupun galatama jitu tersebut. Jadi aroma dari essence tersebut harus mendukung aroma dari umpan lomba jitu maupun galatama jitu yang kita buat. BUKAN SEBALIKNYA!!!

 

Mengapa?

Dalam essence kimia (buatan) terdapat kandungan alkohol yang sangat tinggi yang biasanya menggunakan bahan etanol sebesar 50% - 70%. Alkohol inilah yang kemudian akan membantu menguapkan aroma umpan lomba maupun galatama kita di dalam air, sehingga aroma umpan lomba atau galatama tersebut menyebar didalam air. Dengan demikian umpan kita akan lebih mudah terdeteksi oleh ikan mas, bawal, patin lele serta ikan lainnya.

 

INGAT LOGIKA!!!

Aroma sate akan tercium pada saat sate dibakar...!!!

 

PEMBAKAR UMPAN adalah

"Essence (Oplosan) dan Perangsang Mancing"

 

11. Apakah saya perlu menggunakan essence atau oplosan untuk mancing, umpan jitu atau umpan galatama?

 

Jawabannya: Belum Tentu

Apabila lawan mancing lomba atau galatama anda dalam suatu lomba menggunakan essence atau oplosan, artinya umpan tersebut akan lebih mudah tercium oleh ikan patin, bawal, ikan mas, lele juga ikan lainnya dibandingkan dengan umpan anda.

 

Pertanyaannya?

 

Apakah anda tetap  tidak mau menggunakan essence atau oplosan???


Pilihan di Tangan Anda...

 

Semua ini tetap kembali kepada kualitas gizi dan nutrisi dari umpan. Karena apabila umpan mancing, umpan jitu atau umpan galatama anda tidak enak, tidak bergizi, bahkan tidak menarik. Usaha anda sia-sia.

 

Semua itu memerlukan kombinasi yang baik dari

 

"Umpan dasar + Essence (Oplosan) + Perangsang Mancing"

 

 

12. Jadi seperti apakah umpan mancing, umpan jitu atau umpan galatama yang baik untuk ikan lele, bawal, patin, ikan mas ataupun ikan lainnya itu? Apa sajakah komponen dari umpan lomba maupun galatama ikan bawal, ikan mas, patin lele dan ikan lainnya yang baik?

 

Komponen dari umpan yang baik terdiri dari 3 macam komponen, yaitu:

1. Umpan dasar: sebagai pemenuhan kebutuhan gizi atau nutrisi bagi ikan yang anda inginkan

2. Essence (oplosan): sebagai penguat aroma dari umpan mancing, umpan jitu atau umpan galatama yang anda buat

3. Perangsang mancing (Neuroattractant): sebagai pengundang ikan lele, bawal, patin, ikan mas serta ikan lainnya, pengumpul ikan bawal, ikan mas, patin, lele maupun ikan lainnya dan perangsang napsu makan ikan mas, bawal, patin lele serta ikan lainnya.

 

Apakah Neuroattractant?

KLIK DISINI

 

Ketiga kombinasi ini adalah hal yang mutlak dibutuhkan untuk menciptakan umpan untuk mancing atau umpan galatama terbaik.

 

13. Cacing tanah / Earth Worm / Nightcrawlers menjadi salah satu umpan favorit yang direkomendasikan oleh para pemancing diseluruh dunia. Mengapa???

 

Sejak kita masih kecil kita sudah tidak asing lagi mendengar bahwa cacing dapat digunakan sebagai umpan untuk mancing. Mengapa? Mengapa cacing begitu populer digunakan untuk mancing bukan hanya di Indonesia, tetapi juga diseluruh dunia dan artikel-artikel diseluruh dunia menulis soal cacing, bahkan produk- produk mancing terkenal di dunia pun membuat produk dengan nama cacing (nightcrawlers) yang aroma cacing. Mengapa?

Masih banyak orang salah menangkap bahwa menurut mereka caicng itu bergerak-gerak didalam air, sehingga menarik perhatian ikan  patin, bawal, mas, lele serta ikan lainnya, bahwa cacing berbau amis. Pertanyaannya adalah apakah ikan patin, bawal, mas, lele dan ikan lainnya dapat melihat didalam air yang keruh? Sedangkan jarak pandang ikan lele, bawal, patin, mas maupun ikan lainnya hanya 5 meter, namun cacing mampu menarik ikan lele, bawal, patin, mas maupun ikan lainnya dari jarak yang sangat jauh dan menghampirinya, kemudian memakannya.

Penelitian mengenai cacing mungkin belum lama ditemukan, setelah ratusan, mungkin ribuan tahun manusia menggunakan cacing untuk mancing.

 

APAKAH FAKTA DARI CACING???

 

Cacing adalah satu-satunya makhluk hidup yang mempunya kandungan asam amino paling lengkap. Ini adalah kandungan asama amino dalam cacing:

Asam Amino Esensial:

1. Arginin

2. Fenilalanin

3. Histidin

4. Isolesin

5. Leusin

6. Lisin

7. Metionin

8. Sistin

9. Tirosin

10. Treonin

11. Valin

Asam Amino Non Esensial:

1. Alanin

2. Aspartat

3. Glisin

4. Glutamat

5. Prolin

6. Serin

 

Mengapa ikan bawal, mas, patin lele ataupun ikan lainnya membutuhkan sangat membutuhkan asam amino? Karena asam amino zat pembentuk protein. Apakah ikan patin, bawal, mas, lele maupun ikan lain membutuhkan protein?

 

Lihat kebutuhan gizi pada tabel paling atas.

Zat apakah yang paling tinggi dibutuhkan oleh ikan?

 

JAWABANNYA : PROTEIN

 

Pada saat ini banyak produk-produk mancing yang mengandung asam amino, sebab kita ingin produk yang praktis, terutama dalam beberapa lomba mancing terkadang tidak diijinkan memakai cacing.

Apabila anda ingin mencari produk amino ini, pastikan kandungan asam amino yang terkandung dalam produk yang anda gunakan, sehingga memang asam amino tersebut memang lengkap.

 

KETAHUILAH PRODUK YANG ANDA BELI...!!!!

 

Ingin tau produk yang mengandung asam amino lengkap?

 

KLIK DISINI

 

14. Mengapa minyak nilam sering dipakai untuk bahan campuran dalam umpan untuk mancing jitu ikan patin, bawal, mas, lele atau ikan lainnya atau umpan galatama jitu ?

 

Tunggu jawabannya!!!

 

15. Apakah pengaruh suhu terhadap pola makan ikan patin, bawal, mas, lele atau ikan lainnya yang kita pancing?

 

Tunggu jawabannya!!!

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

16. Setelah anda mengetahui cara membuat umpan mancing jitu untuk ikan lele, bawal, patin, mas atau ikan lainnya yang benar apakah anda dapat membuat umpan jitu dan menjadi juara?

 

Jawabannya : Belum Tentu...!!!

 

Mengapa?

 

Semua orang telah mengetahui tips pada halaman ini, berarti semua orang dapat membuat umpan jitu yang benar.

 

Bayangkan...!!!

 

100 orang pembalap menggunakan mobil yang sama seperti gambar dibawah ini.

 

 

Apakah 100 orang tersebut bisa mencapai garis finish dalam waktu yang sama?

Jawabannya : Tidak...!!!

Faktor apa saja yang mempengaruhi?

1. Mesin

2. Roda

3. Bobot kendaraan

4. Jalanan

5. Pengemudi

Masing-masing pembalap tadi pasti akan melakukan UPGRADE mesinnya dengan tambahan mesin turbo, roda dengan grip yang lebih baik, mengurangi bobot kendaraan dan lain - lain

 

 Menjadi seperti ini...!!!

 

 

Inilah fungsi dari perangsang mancing dan oplosan mancing, yaitu untuk melakukan upgrade atau meningkatlkan kualitas umpan ikan mas, bawal, patin lele atau ikan lainnya untuk mancing anda.

 

Tunggu artikel kami selanjutnya pada halaman ini.


KEMBALI KE HALAMAN UTAMA KLIK DISINI

 

Mari kita berbagi informasi ini dengan mengklik logo facebook dibawah ini.

Terima kasih

 

Salam,

Andiko

Always Srike